0

5 Jenis Petarung Muaythai

5 Jenis Petarung Muaythai

Sebagai olahraga yang sudah mendunia, banyak petarung muaythai bertarung untuk menjadi yang terbaik. Teknik dan tenaga serta stamina menjadi kunci untuk menaklukkan lawan. Tinju, tendangan, lutut dan kaki digunakan untuk memenangi pertandingan. Secara alami dari 8 senjata muaythai, petarung-petarung memiliki senjata andalannya baik tendangan, pukulan, siku maupun lutut. Cara bertarung para petarung muaythai dapat dibedakan menjadi lima kategori berikut.


MUAY FEMUR



Muay Femur adalah petarung teknik yang menggunakan senjata2 muaythai secara seimbang dan lebih mengandalkan IQ bertarungnya. Petarung muaythai tipe ini dapat menyesuaikan dan beradaptasi dengan cara bertarung lawan. Cara bertarung yang elegan membuat mereka biasanya tidak mengincar K.O namun menang secara angka dengan pertarungan yang menarik. Namun tidak terlepas kemungkinan ketika kesempatan ada mereka menghabisi lawannya dengan serangan mematikan.

Petarung tipe ini termasuk Samart Payakaroon, Saenchai dan Superlek Kiatmoo9.


MUAY KHAO


Petarung yang senang merangkul dan menghabisi lawannya dengan serangan lutut. Petarung jenis ini memiliki serangan lutut yang beragam dan bertenaga. Rangkulan (clinch) dan serangan lutut seringkali membuat mereka mengalahkan lawan-lawannya.


Rangkulan akan menguras tenaga dan stamina lawan. Saat tenaga dan stamina lawan terkuras petarung Muay Khao kemudian mengeluarkan senjata lutut andalannya. Saat ini petarung tipe ini yang banyak mendominasi pertarungan-pertarungan di Thailand.

Contoh petarung bertipe ini adalah Dieselnoi dan Petchboonchu


MUAY MAT


Dengan gaya yang agresif petarung muaythai tipe ini selalu bergerak ke depan dalam jarak yang dekat dan menyerang dengan tinjunya yang kuat. Petarung tipe ini juga dikenal memiliki dagu yang kuat. Mereka akan meladeni.

Jual beli pukulan adalah hal yang sangat disenangi petarung jenis ini. Tujuannya hanya satu, menyelesaikan pertandingan secepat mungkin.

Petarung muaythai yang bertarung dengan gaya ini contohnya Sagat Petchyindee dan Rodtang Jitmuangnon. 



MUAY TAE


Tipe petarung ini mengandalkan tendangan. Tendangan muaythai adalah salah satu senjata muaythai yang sangat ampuh. Banyak petarung muaythai yang menjadikan tendangan sebagai andalan. Tendangan petarung muaythai dilatih dengan terus menerus melakukan latihan. Latihan terus menerus menyebabkan petarung muaythai memiliki kuda-kuda dan style yang kuat, keseimbangan yang baik, dan juga tulang kering yang keras.


Petarung dengan gaya seperti ini misalnya Sam-A Gaiyanghadao dan juga Singdam


MUAY BOUK


Petarung yang agresif dan menyerang terus menerus. Petarung dengan gaya ini terus menekan lawan dan berusaha menyelesaikan pertarungan secepat mungkin. Karena penuh energi dan semangat petarung jenis ini sangat disenangi oleh penonton.


Berbeda dengan Muay Mat yang lebih sering menggunakan tinjunya, petarung Muay Bouk menggunakan seluruh senjata muaythai untuk mengalahkan lawan. Mereka tidak takut untuk menghadapi lawan dan berjual beli pukulan. Stamina dan Jiwa petarung Muay Bouk haruslah tinggi karena mereka selalu menyerang.


Bertarung dengan gaya ini adalah Ramon Dekkers dan Liam Harrison.


Tulis Komentar